Agenda IKAS

SEMINAR NASIONAL

900 KM RUTE MAJAPAHIT:

“PERSPEKTIF PENDIDIKAN, BUDAYA DAN PARIWISATA”

LATAR BELAKANG

Dalam lembaran sejarah tercatat, bahwa Kerajaan Majapahit adalah nama sebuah kerajaan Hindu yang terletak di Desa Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya, sekitar tahun 1293 M.

Kerajaan Majapahit sendiri mengalami era keemasan, saat masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk (1350-1389 M) yang didampingi oleh Maha Patih Gadjah Mada (1331-1364 M). Saat itu, wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit tidak hanya Pulau Jawa, melainkan mencapai hingga seluruh Nusantara.

Nah, kebesaran Kerajaan Majapahit sendiri, khususnya di Jawa Timur bisa dibuktikan dari adanya beberapa artefak dan monument di beberapa kawasan. Sayang, beberapa peninggalan sejarah yang mempunyai nilai jual cukup tinggi tersebut kini mulai terancam. Mulai dari adanya penggalian tanah yang dijadikan bahan baku batu bata, hingga kurang terawatnya situs yang menjadi tetenger Kerajaan Majapahit.

Sedikit beruntung, kita masih memiliki Kitab Negarakertagama yang ditulis Mpu Prapanca, sehingga sedikit banyak bisa merekontruksi kembali situasi silam Kerajaan Majapahit. Salah satu catatan penting dari Prapanca, yakni berupa perjalanan Raja Hayam Wuruk sekitar September 1359 M. Tak tanggung-tanggung, perjalanan tersebut menempuh cukup panjang hingga melewati sekitar 200 desa.

Sepenggal fakta tersebut, oleh Nigel Bulluogh (2005) didiskripsikan dalam bukunya dengan judul “Napak Tilas Mpu Prapanca 1359 M”. Dalam buku tersebut, dijelaskan bahwa di Jawa Timur sendiri membentang sekitar 900 Km yang pernah dilewati oleh lawatan Raja Hayam Wuruk, yang kemudian akan disebut Rute Majapahit.

Untuk konteks kekinian, rute tersebut melewati sebanyak 11 kabupaten yang ada di Jawa Timur, mulai dari Mojokerto, Pasuruan, Lumajang, Jember, Situbondo, Probolinggo, Malang, Jombang, Kediri dan Blitar.

Melihat penggalan fakta sejarah tersebut, Rute Majapahit sepanjang 900 Km di wilayah Jawa Timur mempunyai banyak potensi terpendam yang pantas untuk dikaji lebih lanjut dan mendalam. Baik itu dalam perspektif pendidikan (education), budaya (culture), ekonomi (economic) dan pariwisata. Apalagi di luar negeri sendiri, ikon Majapahit tergolong layak jual, setara dengan Borobudur dan Bali.

TUJUAN

–          Menambah pengetahuan alumni Sejarah Unesa, tentang keberadaan Rute Majapahit, sepanjang 900 Km yang ada di wilayah Jawa Timur.

–          Menggugah kesadaran masyarakat, tentang pentingnya Rute Majapahit sebagai rute sejarah dan aset budaya bangsa.

–          Menginvetarisir potensi alam, sosial, kesenian-budaya dan nilai ekonomis yang ada di sekitar Rute Majapahit.

–          Sarana pengembangan pendidikan dan jalur pariwisata sejarah yang unik, khas Jawa Timur.

WAKTU DAN TEMPAT

Seminar Sejarah diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal       :  Sabtu, 24 Juli 2010

Pukul                 :  09.00 Wib – selesai

Tempat              : Auditorium Radio Republik Indonesia                   (RRI), Jalan Pemuda Surabaya

TARGET DAN SASARAN

Seminar Sejarah akan dihadiri sekitar 500 peserta, terdiri dari:

–          Alumni Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

–          Mahasiswa

–          Umum (Pelaku Pariwisata, Seni dan Budaya)

PANITIA

Penyelenggaran kegiatan adalah Ikatan Alumni Sejarah (IKAS) Unesa, bekerjasama dengan para sponsor. Adapun susunan kepanitian terlampir.

ANGGARAN

Kegiatan Seminar Sejarah dialokasikan butuh dana sekitar    Rp. 67.380.000,- dengan rincian dana terlampir.

ACARA

Dilaksanakan satu hari, dengan schedule acara terlampir.

PENUTUP

Komitmen kami selaku alumni untuk melestarikan peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit, tidak bisa berdiri dan jalan sendiri. Butuh bantuan dan dukungan dari semua stakeholder yang ada, baik itu berupa ide, gagasan dan dana. Semoga kegiatan kami bermanfaat bagi semua pihak.

Surabaya, 18 Februari 2010

Ketua                                                                         Ketua Pelaksana

IKAS UNESA

Susanto, S.Pd Eko Darmawanto, S.Pd

Dekan

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Surabaya

Prof Dr Warsono, MS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s